Saturday, August 21, 2010

Pengertian Inverter

Inverter adalah sebuah perangkat elektronik yang mengubah tegangan AC tiga fasa dari jala-jala (berfrekuensi 50 Hz atau 60 Hz) menjadi tegangan DC, kemudian mengubahnya kembali menjadi tegangan AC tiga fasa dengan frekuensi yang bisa diatur-atur sesuai keinginan pengguna/user.

Salah satu aplikasi Inverter dalam dunia keelektroteknikan adalah untuk mengendalikan kecepatan putaran motor AC. Contohnya pada sistem ban berjalan (conveyor belt) Seperti yang kita ketahui bahwa kecepatan putaran motor AC dapat dikendalikan dengan mengatur frekuensi dari tegangan AC yang menjadi sumbernya. Pada gambar di atas, dapat dilihat bahwa PLC mengendalikan Inverter dalam menghasilkan tegangan AC dengan frekuensi yang dinginkan.

Biasanya frekuensi tegangan AC output Inverter komersial dapat dikendalikan dengan menggunakan sinyal tegangan atau sinyal arus eksternal. Oleh karena itu, Slave Output Analog PLC yang dapat menghasilkan sinyal arus, dapat digunakan untuk mengendalikan Inverter dalam menghasilkan tegangan AC dengan frekuensi yang diinginkan.

Aplikasi dari inverter

<><><> </> </></></>
Materials handling
• +/- speed
• Brake sequence
• Motor switching
• Management of limit switches
• Switching frequency up to 16 kHz
• Current limitation
• Linear ramps, S, U or customised
• Second ramp Textile








untuk yang membutuhkan inverter schneider bisa menghubungi saya di 0813 9925  2210

5 comments:

angga_brothers said...

artikel yg menarik pisan euy

Mukhlis said...

makasih commentnya

Anonymous said...

sangat bagus kalo boleh tolong di muat juga cara seting untuk inverter makasih

MILIK ANAK MUDA said...

singkat padat dan jelas mas

Andi De R Mawan said...

Kalo ada, tlg post cara kerja inverter yang yang komplit donk gan? ane bingung nih, gimana inverter kok bisa mengendalikan kecepatan motor dengan frekuensi yang berbeda? gimana caranya? apa pengaruh yang didapatkan motor? intinya bisa dibilang ane gak tau apa-apa banget deh tentang ni inverter. makasih sebelumnya.