Tuesday, August 24, 2010

Semua tentang ACCU

Accu (Aki) merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Seringkali kita dikeluhkan dengan berbagai masalah menyangkut komponen yang satu ini.
Cara Kerja :
Secara umum, cara kerja aki adalah dengan reaksi kimia timbal (Pb) dengan asam sulfat (H2S04) aki memberikan aliran listrik jika dihubungkan dengan rangkaian luar misalnya, lampu, radio dan lain-lain.

Aliran listrik ini terjadi karena reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua material aktif dari plat positif dan plat negatif. Pada saat pelepasan muatan listrik terus menerus, elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan terus berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat.


Jika Aki tidak dapat lagi memberi aliran listrik pada voltage tertentu, maka aki tersebut dalam keadaan lemah arus (soak).

Nah kalo aki udah soak, berarti harus diganti gan, ato bisa juga dengan disetrum ulang (dipancing) tapi menurut ane sih lebih baik diganti, karena takutnya sewaktu waktu kita lagi jalan jauh, tiba2 akinya mati.. mampus dah
Kalo agan punya cerita menarik seputar aki boleh di share disini yah.. ane gak mau gan, kalo ane terima


Untuk terhindar dari masalah yang mungkin ditimbulkan dikemudian hari, kami bagikankan sedikit tips untuk merawat accu.

1. Periksa air accu secara berkala misalnya 1 bulan sekali untuk mobil lama, karena air accu yang kurang dapat menyebabkan umur accu tidak bertahan lama
2. Untuk menambah air accu yang berkurang gunakan air accu biasa, jangan menggunakan air zuur, karena air zuur hanya dipergunakan untuk accu baru yang belum dipakai penggunaan air zuur pada accu yang telah dipakai justru akan merusak accu tersebut
3. Jangan menambahkan air accu pada saat mobil baru dipakai (dalam keadaan panas) penambahan air accu sebaiknya sebelum mobil dipakai (pagi hari)
4. Bila umur accu mobil anda sudah habis, segera ganti accu mobil anda, karena kinerja accu yang buruk membuat beban dynamo stater menjadi buruk, yang pada akhirnya meruka dynamo stater itu sendiri, kerusakan pada dynamo stater jauh lebih mahal daripada mengganti accu mobil

No comments: