Saturday, February 19, 2011

Pengenalan Detektor (1)

Pada tulisan ini yg merujuk dari tulisan sebelumnya ( Jenis- jenis sensor atau Detektor) maka saya akan membahas tentan sensor atau detektor dengan type sensor yg berkerja dengan kontak langsung atau sensor yg langsung bersentuhan dengan obyek/material yg akan di deteksi.
Pengenalan Sensor / detector untuk produk Schneider electric

A. Sensor dengan kontak langsung (langsung bersentuhan dengan benda/ obyek)
1. Limit Switch
Bekerja berdasarkan perubahan posisi dari actuator (Bagian yg bersentuhan dengan obyek yg di deteksi) yg mengerakan kontak blok yg berada dalam limit switch tersebut. Pemilihan dari jenis actuator ini disesuaikan dengan aplikasi, ukuran, jenis dan bentuk obyek yg akan di deteksi.
clip_image002
2. Pressure Switch
Adalah alat untuk mempertahankan tekanan pada batasan tertentu ( diantara batas atas PH, dengan batas bawah PB). Apabila tekanan mencapai nilai PH ( maka switch akan berubah kondisi dari ON ke OFF) dan apabila tekanan berkurang dan mencapai nilai PB ( switch akan berubah kondisi dari OFF ke ON).
clip_image004
Selisih antara nilai PH dan PB disebut diferensial.
Ada 2 tipe pressure switch : Fixed differential dan Adjustable differential.
- Diferensial tetap (Fixed differential):
Nilai differential tetap (tertentu), hanya nilai PH yg dapat di atur. Nilai PB di dapat dari nilai PH dikurangi dengan nilai differentialnya.
- Diferensial tidak tetap (Adjustable differential):
Nilai differensialnya dapat diatur, karena baik nilai PH maupun PB nya masing-masing dapt diatur.
Pressure switch di bagi menjadi 2 jenis : Elektro mekanik dan Elektronik
- Elektromekanik
Bekerja dengan menggunakan komponen mekanik seperti pegas untuk mengukur tekanannya.
- Elektronik
Bekerja dengan menggunakan komponen elektronik maka untuk pengaturannya bisa lebih presisi.
Pressure Transmitter atau Pressure Sensor adalah alat pengukur tekanan dengan output berupa output analog ( didapat berupa tegangan 0-10 VDC atau berupa arus 4,20 mA), perubahan nilai output tersebut sebanding dengan perubahan tekanan yg dirasakan.
Demikianlah pembahasan tentang sensor atau detector dengan kontak langsung , di tulisan berikutnya saya membahas sensor dengan kontak tidak langsung.

No comments: