Wednesday, April 13, 2011

Menghitung titik penerangan pada suatu tempat

Menurut SNI, daya pencahayaan maksimum untuk ruang kantor/industri adalah 15 watt/m2. Untuk daya pencahayaan di rumah, nilainya tidak boleh melebihi 10 watt/m2
Perhitungan daya dipengaruhi beberapa faktor,

    Fungsi ruang ( untuk menentukan terang lampu )
    Jenis lampu ( berpengaruh terhadap kuantitas cahaya yang dipancarkan )
    Jumlah titik lampu ( agar distribusi lampu merata dan sesuai kebutuhan )

Daya listrik yang terpasang tidak boleh melebihi angka maksimum yang ditentukan untuk setiap ruang.

Contoh Perhitungan :
Luas ruang makan : 5 m x 4 m = 20 m2
Daya Lampu : 3 buah(titik lampu) x 15 watt (lampu yang dipake) = 45 watt/m2

Daya : Luas Ruang
45/20 = 2.25 watt/m2 ==>> memenuhi syarat (kurang dari 10 watt/m2)

Coba terapkan perhitungan ini pada setiap ruang di rumah kamu..jika jumlahnya berlebih kurangi titik lampu atau gunakan jenis lampu hemat energi



sebenarnya lampu down light lebih untuk estetik (keindahan) saja / yang penggunaannya setempat. jadi biasanya posisinya persis di atas benda yang mau diterangi.Akibatnya jika ingin ruangan cukup terang, butuh lebih banyak titik lampu.
Jika ingin penerangan lebih efektif, sebenarnya lampu neon / TL yang diberi selubung dapat tetap indah dan lebih efektif.Kemudian sekedar catatan bahwa satuan kuat terang adalah lumen, sementara watt adalah satuan daya listrik.Jadi jika anda membeli lampu, cek dahulu berapa lumen/watt. biasanya tulisannya kecil.Jangan sekedar melihat watt nya.Contoh lampu 50 lumen/watt lebih terang daripada lampu 40 lumen/watt karena artinya dengan daya listrik yang sama, lampu 50 lumen/watt dapat lebih terang.
Kemudian yang perlu diperhatikan juga ialah bahwa jumlah lampu harus disesuaikan dengan luas / bentuk ruangan.Walaupun 1 lampu diaangap cukup, namun jika ruangannya terlalu luas dan lampu yang digunakan hanya 1 walaupun sangat terang, efeknya adalah silau dan mengganggu kenyamanan visual.
Jadi lebih baik lampunya tidak terlalu terang / gelap, dan jumlahnya disesuaikan.
Oh ya, untuk ruang keluarga (ruang TV), sebaiknya gunakan lampu yang cukup terang agar sinar dari TV tidak terlalu 'menusuk' mata. (terbias oleh sinar lampu).
Juga, sebaiknya peletakan lampu tidak terlalu dekat dengan jendela, karena pada siang hari waktu mendung, fungsi lampu menjadi kurang efektif.

No comments: