Electrical Solution

ACCESS DVR CCTV KE INTERNET


ACCESS DVR CCTV KE INTERNET

Sekitar empat tahun silam Access DVR melalui Internet masih menjadi barang baru, khususnya saat access internet masih terbilang mahal. Kini dengan paket Speedy for Family (sekarang Socialia) dan adanya service gratis dari DynDNS.com (sekarang Dyn.com), access DVR via internet bisa dinikmati dengan cukup nyaman. Boleh dikatakan, access DVR melalui Internet ini merupakan puncak kepuasan tersendiri bagi konsumen dan semua aktivitas instalasi CCTV.



Pada posting kali ini kami akan menjelaskan step-by-step bagaimana cara setting DVR Standalone agar bisa di-access via Internet. Ternyata caranya relatif sederhana, tanpa perlu pengetahuan Internet yang rumit. Mau mencoba? Nah, siapkanlah peralatannya dan susunlah dulu seperti pada diagram sederhana di atas. Setelah itu cobalah langkah demi langkah di bawah ini.



Langkah 1: Membuat Account di Salah Satu Penyedia Layanan Gratis



A. Masuklah ke situs DynDNS.com (sekarang alamat situs menjadi dyn.com dan tampilan sedikit berubah). Carilah Additional Products di menu bawah, lalu kliklah pada DynDNS Free.







Setelah muncul halaman baru, kliklah pada Get It Now.

Maka akan muncul menu isian Add New Hostname. Jika ingin langsung menuju menu itu, kliklah pada link ini.



B. Isilah nama Hostname khusus untuk koneksi internet DVR kita, misalnya dvrrumah.dvrdns.org (sekarang dyndns.org) atau nama lain yang kita sukai. Biarkanlah Service Type berada pada pilihan Host with IP address. Setelah itu, klik pada "Your current location's IP address is...." sampai muncul IP Address tertentu (abaikan saja dulu angka ini!). Lalu, klik Add To Cart.

C. Setelah itu akan muncul halaman baru . Pada menu ini, isilah Username dan Password dengan nama yang mudah diingat, seperti pada contoh Username = dvrrumah. Demikian pula halnya dengan Password, isilah terserah kita, yang penting jangan sampai keliru dengan User Name dan Password untuk masuk ke menu DVR. Setelah isian sudah lengkap, masukkan angka yang tertera pada Security Image dan klik-lah "I accept the term of Dyn's...". Selanjutnya klik Create Account.

D. Setelah muncul One more step to go... seperti di atas, tutuplah halaman DynDNS lalu periksalah Inbox email kita. Kliklah link yang digarisbawahi, sehingga akan muncul halaman baru.

E. Setelah tampil halaman baru ini, maka selanjutnya klik activate your free DynDNS hostname.
Setelah itu, pada halaman baru klik Proceed to checkout.

Lalu, klik Activate Services.

F. Aktivasi Selesai
Kini, kita sudah memiliki nama khusus di DynDNS.com yang disebut dengan Hostname, yaitu dvrrumah.dyndns.org (seperti contoh di atas) atau nama lainnya yang sesuai dengan yang kita isi.

Langkah selanjutnya, masukkanlah Hostname, Username dan Password yang telah kita buat ini ke dalam menu Network - DDNS pada DVR kita yang biasanya seperti ini:



Hostname : dvrrumah.dyndns.org

User : dvrrumah

Password : ******** (password di DynDNS.com)



Tujuan pengisian ini adalah agar pada saat dinyalakan, DVR kita "mengabsen" dulu ke DynDNS.com (istilahnya update). Dengan kata lain, agar dikenal di internet, Hostname DVR kita harus "nyangkut" dulu ke satu layanan DDNS Service. Salah satunya ya DynDNS.com ini.





Catatan:

Pada artikel revisi ini, nama Hostname sebagai contoh adalah dvrrumah.dyndns.org. Pada contoh seterusnya kami tetap menggunakan dvrrumah.dvrdns.org (sebagai contoh). Semoga pembaca tidak bingung, karena nama belakang .dvrdns.org kini sudah tidak tersedia lagi.



SUMBER : TANYAALARM.BLOGSPOT.COM

Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon

Komentar

`
iklan banner